15
Jan
09

Menikahlah dengan Wanita yang Berkah, Karena Sholihah Tak Cukup

Copy Paste dari sebuah Millis🙂 keren eeuuyy… artikel nya semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua yang membacanya…. terutama buat aq pribadi, u/ Akh Reza thx buat artikel nya😀

N’ Sok lah di baca…🙂


Oleh : Reza Ervani

Bismilahirrahmanirr ahiim

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.
(Al Quran Al Karim Surah An Nur ayat 32)
“In Yakuunuu Fuqaraa-a, yughnihimullahuhu min fadhlihi”, demikian bunyi janji itu.

Dan Jika Allah Yang Berjanji, Maka Allah akan Menepati. Innalaha laa yukhliful mii’aad.
Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji”
lihat Ali Imron(3):9, Ar-Ra’d (13):31

Apa yang membuat seorang laki-laki ragu-ragu untuk melangkahkan pinangannya ? Sebagian besar menjawab materi sebagai alasannya. Begitu juga yang aku rasakan setengah tahun yang lalu.

Sulit untuk bisa membawa keyakinan akan ayat tadi ke tataran praktis, padahal begitu banyak cerita keajaiban yang aku dengar tentang pernikahan.

Kini ….
Setelah hampir 4 bulan mengarungi samudera rumah tangga, bersama “buah hati yang sempurna” – demikian arti harfiah dari nama istriku – kami sering jeda sejenak untuk mengenang romantika proses menjelang pernikahan yang berlangsung begitu cepat.

Semakin direnungkan, semakin banyak pula bulir keajaiban yang harus terus kami syukuri.
Terasa sekali kemudahan yang diberikan oleh Allah.

Kami kemudian mendapati
bahwa kesyukuran itulah ternyata oase Cinta
bahwa kesyukuran itulah ternyata mata air Kasih
bahwa kesyukuran itulah ternyata telaga Sayang yang bening

“Wallahu wasi’un ‘aliim”, Dan Allah Maha Luas Pemberiannya, begitu bunyi penutup ayat diatas. Begitu luasnya pemberian Allah, sehingga kurs materi tidak akan pernah bisa membelinya.

Seorang pendamping hidup adalah pemberian-Nya. Begitu pula semua yang menyertai bidadari itu. Dan jika engkau ingin meminta … Mintakan keberkahan-lah yang datang bersama pasangan jiwa itu, karena tampilan sholihah apatah lagi sekedar cantik rupawan takkan pernah cukup untuk memberikan kekuatan agar lentera cita mulia sebuah rumah tangga tetap menyala.

Karenanya, semampumu … pilihlah seorang pasangan hidup dengan ukuran keberkahan … jangan merasa cukup dengan timbangan cinta dan sayangmu padanya.

Baginda Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam mengisyaratkan benar pintu-pintu keberkahan itu jangan sampai ditutup oleh keserakahan cinta dunia.

“Jika ada orang yang kalian ridhai agamanya dan akhlaknya meminang puteri kalian, maka nikahkanlah ia, jika kalian tidak melakukannya, maka fitah di bumi dan kerusakan besar akan terjadi” 1)

“Di antara kebaikan wanita ialah memudahkan maharnya” 2)

“Pernikahan yang paling besar keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya” 3)

“Sebaik-baik pernikahan ialah yang paling mudah” 4)

….

Jangan pula kau biarkan rasa suka yang mendalam mengalahkan kesempatan-kesempat an yang datang padamu.
Kau simpan cinta yang tak pasti di hatimu, dan biarkan cinta lain yang datang pergi meninggalkanmu.
Karena … sekali lagi … cinta saja tak cukup untuk menyalakan lentera di bahtera rumah tanggamu nanti.
Tak pernah kita tahu, apakah dibalik ketidak sempurnaan dalam pandangan mata, tersembunyi keberkahan yang melimpah ruah …

Denyut keberkahan …
Itulah yang mesti kita telisik di dada ketika cinta menyapa …
Ada beda yang akan kau rasa, tentang dia …
Beda itu akan menguatkan azzammu …
Menjagamu tetap dalam logika keimanan ketika menilai harta dan rupa …

Janji Allah itu pasti, karenanya niatkan keberkahan hadir di setiap keputusan hidupmu, termasuk keputusan menemani seseorang dalam jalan juang menuju pertemuan indah dengan-Nya.

Allahuma yasiru wa laa tu’asiru


 
Catatan Kaki
1) HR. At Tirmidzi dalam Kitab an Nikaah, dan dishohihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih an Nasa-i dan al Irwaa’
2) HR. Ahmad, dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam Shahihul Jaamin dan Al Irwaa’
3) HR. Ahmad
4) HR. Abu Dawud dalam kitab an Nikaah, dan Syaikh al Albani menilainya sesuai syarat Muslim (di Al Irwaa)


28 Responses to “Menikahlah dengan Wanita yang Berkah, Karena Sholihah Tak Cukup”


  1. January 15, 2009 at 5:58 am

    I Agree With U
    doakan y😀
    semoga juga cepep dapet penghasilan
    semoga kaya raya
    semoga banyak temen
    wah banyak doanya nie😀

    —>> AMIN aja deeehh😀

  2. January 15, 2009 at 10:00 am

    semoga istriku adalah istri yang berkah buatku. Makasih artikel yang sangat berguna ini mbak.

    –>>Amiinn…, semoga bermanfaat :)

  3. January 15, 2009 at 9:18 pm

    mmm…semoga istriku adalah wanita sholehah yang berkah… amin

    –>> Amin… semoga aq juga wanita soleha yg membawa berkah buat suami n’ kel. ku nanti 🙂

  4. January 16, 2009 at 7:15 am

    wah

    mantap
    daku makin semangat nih

    tunggu bidadariku, jangan terbang lagi
    hehehehe

    —>> Aq gak akan terbang kok kaang😀, kan gak punya sayap uheuhue

  5. January 16, 2009 at 9:13 am

    berkah pula pimilik blog ini untuk suaminya nnti,,,amin

    —>> Amin… Moga aq bisa jadi istri sholeha n’ menjadi berkah buat suamiku nanti….🙂

  6. January 16, 2009 at 5:06 pm

    *ikut meng-aminkan doa mas nung diatas*🙂

    —>> Amiiinn….🙂 Thx yach bun

  7. January 16, 2009 at 5:08 pm

    wah berkaca2 mataku pas mbaca ini:mrgreen:

    —>> buru² ambil tissue buat masmoemet… “nih mas tissue nya”😀

  8. 8 GiE
    January 17, 2009 at 6:10 am

    Betul! Allah tak pernah dan tak akan mungkin mendustai janjinya sendiri. Huhu…

    Calon istriku, dimanakah sekarang engkau berada….

    Huaaa…. *nasip sang jejomblo*:mrgreen:

    –>> sabar…sabar… pasti akan menemukan deeh bidadari mu suatu saat nanti😀

  9. January 17, 2009 at 7:06 am

    pernikahan itu saja sudah berkah yang tak terhingga ya,
    sayang masih banyak yg gak nyadar akan hal itu,
    .. lallu ente ? gimana ?🙂

    —>> yup… itulah manusia tidak luput dari kesalahan😀, semoga qt selalu bisa menyukuri nikmat yang di berikan ALLAH SWT🙂

  10. January 17, 2009 at 11:40 am

    Kamu wanita yg berkah juga kan Ly..?

    —->>> Insya Allaaahh….🙂

  11. January 17, 2009 at 1:36 pm

    Wah, infornya menarik banget nih.
    Cocok buat tips bagi teman-teman yang masih bujang.
    Hehehe…

    —>> yoi… nih juga pelajaran buat aq 🙂

  12. January 17, 2009 at 8:27 pm

    Wedew…. nyari yang mau dinikahin aja udah susah… apalagi kalo harus pake kriteria berkah segala… hiks hiks

    —>> tenang kaang masih ada 1 tahun 11 bulan lagi menuju 30 th huehuehu😀

  13. January 18, 2009 at 7:26 am

    terima kasih ly, jadi makin mantap dengan pasanganku sekarang

    –>> Amin… semoga mantapnya u/ seumur hidup yach mas😀

  14. January 19, 2009 at 3:21 am

    heheheh,,, gitu ya…

  15. January 19, 2009 at 4:19 am

    Saya juga menyesal kawin, menyesal ga dari dulu.he..

    –>> sayah juga menyesal lom di lamar juga …lho! hueuheuhue :p

  16. January 19, 2009 at 7:12 am

    wooow.. yang komen rata-rata para pencari cinta sepertinya.. mwahahahahaha😆

    —>> huehueu… sepertinya gitu jeng😉

  17. 17 siafa
    January 19, 2009 at 6:00 pm

    **********pengomen bontot********
    waaaah betcul sih kayanya katca chi
    PARA PENCARI CINTA SEPERTINYA
    \(^_^)?
    ———————
    para kumbang yang sedang mencari bunganya
    burung yang mencari rumahnya.
    bulan mencari mataharinnya…..(waduh kalo ketemu bulan dan matahari bisa kiamat nih )
    siang mencari malamnya..
    klo chic nyari SIAFA Ya??
    terus Ly nyari SIAFA??
    siafa lagi kalo bukan?????

  18. January 20, 2009 at 11:05 am

    aku nggak seberapa ngerti ceritanya tapi amanatnya bagus !!!!
    sip!!!!

  19. January 21, 2009 at 7:29 am

    ah, jadi makin kepengen nikah. uhuhuu…
    yaa Allah, mudahkanlah…

  20. January 22, 2009 at 1:51 am

    Amieenn…

    mudah2an saya segera dapat berkah dan dimudahkan..

  21. January 23, 2009 at 5:38 pm

    Mampir, selamat malam.

  22. January 25, 2009 at 10:08 am

    bisa kah berkah kalo prosesnya lewat pacaran?🙂

  23. 24 FAHMY
    January 29, 2009 at 12:59 am

    jazakallah atas postingannya

  24. February 2, 2009 at 4:22 am

    aku ingin bidadari itu datang kepada ku
    namun sebelum ia datang menemukanku
    ku ingin tampil mempesona
    dengan baju takwa yang indah
    bermake-up kan air wudhu
    dan memasang senyum keikhlasan
    ku yakin bidadariku akan terkejut melihatku.
    (^_^)

  25. February 4, 2009 at 9:34 pm

    oke bgt Ly..

    mudah2an lo n gw termasuk wanita yg berkah..
    amiiin

  26. February 9, 2009 at 10:19 am

    assalamualaikum,
    salam kenal mba mahadewi ly… eh, mba ly aja yah…😀

    semoga setiap orang menjadi berkah bagi pasangan halalnya… baik itu isteri yang berkah kepada suami, dan suami yang berkah kepada isteri…

    dan keberkahan suami terhadap isteri tu salah satunya dari adanya pendapatan untuk isterinya kan, mba?

    biar ga ada istilah “makan tuh cinta…”
    hwehe…

    salam dari surabaya😉

  27. 28 bunaidan
    September 4, 2011 at 1:36 pm

    Postingan yg penuh hikmah. Semoga ssaja saya bisa menjadi istri yg mendatangkan keberkahan bagi suami, ibu yg berkah bagi anak2, anak yg berkah bagi orang tua, dan menantu yg berkah bagi mertua🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Yang Poenya Blog

My Diary on Facebook

Almanak

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Roelly Categori’s

Yang Pada Ngoceh

ipink on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
citrA on Pek Tay atau Keputihan
muhammad fareed bin… on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
naiffyan on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
Hari on Glukoma

My Mood

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Kotak Amal

Diary of Me

Blog Stats

  • 195,718 hits

%d bloggers like this: