03
Nov
08

Influenza

Influenza adalah penyakit ikut yang menular, menyerang saluran napas, dan sering menjadi wabah yang diperoleh dari menghirup virusinfluenza. 

Penyebab
Virus Influenza tipe A, B, dan C

 

Faktor Risiko
Siapa saja bisa, terutama jika itu terjadi dalam suatu komunitas (kantor, asrama, sekolahan). Ini bisa terjadi karena penyebaran virus melalui cairan yang keluar sewaktu penderita bersin, berbicara, dll. Apalagi jika kita berada dengan penderita dalam ruangan yang ber-AC (tertutup) dan tidak mendapat sinar matahari.

Namun demikian ada kelompok orang yang disebut berisiko tinggi, yaitu mereka yang menderita :
* penyakit paru menahun, seperti asma, emfisema, bronkitis kronik, bronkiektasi, tbc, atau fibrosis kistik
* penyakit jantung
* penyakit ginjal kronik
* penyakit kencing manis maupun gangguan metabolik menahun lainnya
* anemia berat
* mempunyai penyakit atau sedang menjalani terapi untuk menekan kekebalan tubuh
* berusia lebih dari 50 tahunPatofisiologi
Virus flu menyerang sel-sel permukaan saluran napas. Jaringan menjadi bengkak dan meradang. Namun meskipun rusak jaringan ini akan sembuh dalam beberapa minggu.

Gejala dan Tanda
Meskipun influenza sering disebut penyakit pernapasan, namun penyakit ini bisa memberi pengaruh ke seluruh tubuh. Penderita secara tiba-tiba menjadi demam, letih, lesu, kehilangan selera makan, dan sakit kepala, belakang tangan dan kaki. Juga menderita sakit tenggorokan dan batuk kering, mual dan mata seperti terbakar. Panas bisa meningkat hingga 104 derajat Fahrenheit, tapi akan menurun setelah 2 hingga 3 hari.

 

Gejala saluran nafasnya sendiri bisa berupa pilek dan batuk.Komplikasi
Untuk anak-anak dan orang dewasa, influenza adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri dalam satu minggu. Namun untuk orang yang tidak sehat atau daya tahannya menurun, influenza bisa berakibat fatal.

 

Tanda-tanda yang disebutkan di atas bisa menjadi sangat parah, dan mungkin terjadi komplikasi seperti pneumonia, sinusitis, dan radang dalam telinga. Kebanyakan komplikasinya adalah infeksi kuman karena daya tahan tubuh menjadi menurun untuk melawan kuman-kuman yang masuk.Pencegahan
Influenza bisa dicegah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan menjauhi penderita flu. Selain itu, bisa menggunakan vaksin flu. Vaksin flu sendiri harus digunakan setiap tahun sehubungan dengan seringnya virus flu bereplikasi.

 

Penatalaksanaan
Untuk influensa yang belum berkomplikasi, harap beristirahat dengan cukup di rumah agar tidak menjadi bertambah parah. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar 2 hari setelah demam berlalu.

Bisa menggunakan obat flu yang dibeli bebas. Kalau flu sudah terkomplikasi dengan infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotika.

comot artikel dari http://www.blogdokter.net/2007/03/12/influenza/

Heheh…. iseng² browsing mengenai influenza akhir nya ku temukan artikel ini n’ langsung copy paste deeh… bis tumben neehh… flu, batuk n’ demam menyerang daku dah hampir seminggu ini huuffff……. bisanya paling lama cuma 3 hari, ada apa yaacchh…. apakah ada faktor lain *merenung*

uhuukk….uhukk…uhukk… duuuhh…. sengsara buanget boww…. n’ kerjaan jadi gak konsen😦, beberapa hari kemaren terpaksa harus beristirahat di rumah… tapi baahh!! (halah batak gini) bete banget harus tiduurrr mulu deehh……

Tapi alhamdulillah sekarang demam nya dah turun tinggal tenggorokan n’ hidung masih gak bisa berfungsi dengan baik hikzz….😦

Musim hujan telah tibaaa…. jakarta akan banjir kaaaaaahh……? ooohh tidaaaaaaaaaakk…., apa kata duniaaa…. Ibu kota indonesia banjir lagii… banjir lagiiiiiiii….😦😦

Kawan hati²  yach jaga kondisi n’ kesehatan dah masuk musim penghujan neechh… sedia payung sebelum hujan…. sedia vitamin sebelum jatuh sakit seperti sayah😦

Tapi biar gitu kudu SEMANGAAAAAAAAATT…….!!!!


14 Responses to “Influenza”


  1. November 3, 2008 at 5:01 am

    penyakit saya di ekspose di sini huhuhu
    semoga yg pilek cepet sembuh semua yaaa
    yang jelas jangan lupa minum vitamin C🙂

    —>> lagi flu juga paaaaaakk…..

  2. November 3, 2008 at 10:43 am

    informasi yg sngat berguna
    November Rain sepertinya
    lebih memudahkan terserang
    influenza ya Ly

    –>>> november rainnya GNR hikz… membuat tak nyaman semuanya huehueuheu😛

  3. 3 AriefDJ®
    November 3, 2008 at 12:00 pm

    Wah, flu ya.. Sorry 2 hear that, smoga lekas sembuh.. Jaga kondisi itu penting… Aq kalo kena flu, minum obat, vit b complex, vit c dan ‘mandi uap’.. So far so good tuh.. Mks.

    —>> iya itu sudah sayah lakukan kecuali mandi uap bis gak kuat panas neehhh huehuhe😀

  4. 4 eMo
    November 3, 2008 at 3:37 pm

    penyakit rutin M ni mbak.. T_T

    —>>> idem donk dengan sayah😀

  5. November 3, 2008 at 4:08 pm

    HHmmm Flu, pergantian musim memang sering menyebabkan orang terserang flu. Oleh karena itu disini setiap bulan Oktober Ortu sudah membuat sang buah hatinya untuk minum echinacea dan vit C. Semoga cepat sembuh Ly thanks.

    —>>> iya Sedia Payung Sebelum Hujan yach mbak…??😀

  6. November 4, 2008 at 9:17 am

    *lirik komen paling atas*

    woogh ada om warmorning…😯
    emang sih penyakit ini menyerang orang tua.. hihihi
    *kabuuuuur*

    —->>> *cegat* dont gooo…. hayoo tanggung jawab heuhueueh :p

  7. November 5, 2008 at 2:36 am

    wah!!
    ngeri ya!!!!
    ternyata kalo dijabar kan jadi ngeri!!!!
    apalagi kalo warna artikel sampean merah darah!!!
    aduh !!!!!hi……hi……!!!

    —>> iya nech lagi berdarah…darah…. huehuue :p

  8. November 5, 2008 at 5:16 am

    Kalo lagi ga fit trus cuaca buruk
    Jadi deh🙂

    —>> huehue iya jadi gorgom yaachh…:p

  9. 9 arifrahmanlubis
    November 5, 2008 at 7:20 am

    baru aja sembuh dari flu. alhamdulillah🙂

    –>>> idem donk sama I huehuhe😀

  10. November 5, 2008 at 7:50 am

    jangan sampe telat makan Ly, istirahat yg cukup. get well soon ya. udah konsumsi habbat blm?
    setiabudi mah deket, ketemuan aja😀

  11. November 5, 2008 at 8:07 am

    lagi musimnya.
    semoga cepat sembuh yach.
    semangat!!!!!!!!!!!

  12. November 6, 2008 at 3:36 am

    wew… hrus jaga kesehatan neh sekrang….
    lagi musimnya flu euy🙂

  13. November 6, 2008 at 5:33 am

    mumpung belum flu, olahraga teratur, istirahat cukup, makan banyak…eit maksudnya makan yg banyak bukan makan angsa (banyak=angsa, jawa) ya….
    sama tabungan yg banyak, hehe….

  14. November 7, 2008 at 7:00 am

    terima kasih info-nya tentang influ-nya. Cuma kenapa ya, tiap saya flu sering cocok hanya dg obat satu merek tertentu saja? Padahal bahan2 pembuatannya hampir sama. Salam hangat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Yang Poenya Blog

My Diary on Facebook

Almanak

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Roelly Categori’s

Yang Pada Ngoceh

ipink on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
citrA on Pek Tay atau Keputihan
muhammad fareed bin… on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
naiffyan on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
Hari on Glukoma

My Mood

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Kotak Amal

Diary of Me

Blog Stats

  • 195,783 hits

%d bloggers like this: