23
Jan
08

Sakit CHIKUNGUYA karena digigit nyamuk!?

Chikunguya bukan dikarenakan oleh nyamuk, melainkan dari virus itu sendiri. Aq dapat artikel dari seorang teman about Chikunguya.  Artikel ini aq cari coz aq prihatin terhadap bos aq yang katanya terserang virus ini…..

Cepat sembuh yach bos……!!! 

Pertama : Namanya bukan cikumuya tapi CHIKUNGUYA
Istilah ini berasal dari bahasa Swahili (Africa) yg artinya membungkuk, bengkok etc
Penyakit ini bukan disebabkan oleh gigitan nyamuk, tapi disebabkan oleh virus CHIKUNGUYA itu sendiri, Nyamuk hanya sebagai vektor perantara, jadi selama nyamuknya nggak menghisap darah orang yg kena CHIKUNGUYA , maka digigit 100x pun gak masalah (baujadi mslh kalo nyamuk yg sama sebelumnya menggigit org yg sakit demam CHIKUNGUYA ini).


Jenis nyamuk vektornya sama dgn jenis nyamuk yg menularkan Demam Berdarah Dengue (Dengue Haemorrhagic Fever- DHF) yaitu Aedes Aegypti (nyamuk ini hanya mampu terbang paling jauh 100 meter).
Sebenarnya bukan Lumpuh gejalanya, tetapi nyeri otot yg hebat (bbrp hari) shg Pasien kesulitan menggerakkan anggota badannya krn kalau digerakkan sakit. Kalau lumpuh itu pasti ada hubungannya dgn syaraf (cth polio, stroke etc).
Ini adalah jenis self limiting disease (artinya sembuh sendiri walau tanpa diobati…hanya saja byk org yg tdk tahan, trus berobat utk mengurangi rasa sakitnya).
Pengalaman saya (juga berdasarkan Textbook waktu kuliah dulu) rasa nyeri otot ini bertahan paling lama 7 hari (mostly 5 hari). Sekitar 3 bulan lalu di wilayah kerja saya ada KLB (Kejadian Luar Biasa) CHIKUNGUYA ini, tapi setelah kami lakukan Penyelidikan Epidemiologi dan ketahuan penyebab utamanya, maka hilang sendiri..
Gejala : Demam tinggi, disertai ngilu pada otot dan sendi (2-7 har), kadang mual dan muntah.
Lab : Trombosit Normal (tdk benar jawaban diatas yg mengatakan trombosit turun dan harus minum juice jambu). Ini yg membedakan dgn Demam Berdarah (krn panasnya sama, vektornya sama, tapi DB trombosit turun , CHIKUNGUYA enggak.

Pengobatan :
1. Analgesic (eq Paracetamol, Ibuprofen, Mefenemic Acid etc)
2. Vitamin (Vit C, B1, B6, B12)

Pencegahan
1. Krn vektornya sama dgn DB maka pencegahannya adalah sama dgn pencegahan DB yaitu 3M.
2. Sanitasi Lingkungan biar nyamuk Aedes Aegypti tdk bisa berkembang biak. As long as there’s no Aedes aegypti…there’s no CHIKUNGUYA Fever .


15 Responses to “Sakit CHIKUNGUYA karena digigit nyamuk!?”


  1. 1 kenen
    February 13, 2008 at 7:19 am

    berguna bgt!!bhsnya mudah dimengerti..thanks

  2. February 13, 2008 at 11:17 am

    tolong donk kasih saran wat si penderita gmn wat ngadepin nya??????………………………… tolong dikirim secepatnya yah mumpung masih baru mengidap penyakitnya

  3. 3 alya
    March 28, 2008 at 2:01 am

    tenkyu ats infoNa…yang pengen aq tanyain, kenapa koq penderita bisa sampe nyeri2?ato bahkan lumpuh???dia mnyerang apa?beda ya ama DB?

  4. 4 dee
    May 3, 2008 at 9:07 am

    makacih bangt dech to penjelasanna coz br bbrp hr ini aq menderita penyakit chikuguyah jd aq pengen mengetahui penyebab penyakit tersebut….tp makacih y ckr aq d tw……

  5. October 10, 2008 at 6:14 pm

    kadang kalo terjangkit gini… rame2 se kampung ya.

  6. 6 antique
    October 1, 2009 at 2:45 am

    sekarang ini aku lagi lumpuh (sementara) rasanya sendi2 mau copot, kata dokter sih demam berdarah tapi jenis chikungunya.

    Pada awal cek darah trombosit normal setelah 2 hari bintik2 diseluruh tubuh hilang tapi nyeri diseluruh tubuh tambah hebat rasanya sendi2 mau copot semua ( sama nenek2 yang kena keropos tulang jalannya bungkuk2 ).
    Setelah dicek darah yang kedua baru ketahuan trombosit turun banyak dari normalnya.

    Dari hasil terakhir disimpulkan saya kena demam berdarah jenis chikungunya.

  7. 8 taufik
    November 11, 2009 at 2:25 am

    obatnya apa ya atau kalo ada jamunya apa yang terkena cikunguya

  8. 9 cha
    November 20, 2009 at 10:44 am

    btul…..
    thanks y

  9. 10 Diaz
    November 23, 2009 at 4:10 am

    Thanks ya tux info ny !!!!!!!!!!!

  10. 11 AZizah Sabrina
    December 2, 2009 at 3:59 am

    Apakah benar Penyakit Ini Dapat Menyebabkan LumpUh??
    So!!cara meNcegahYa Bagaimana

  11. 12 Relly A.
    January 10, 2010 at 5:11 am

    Trimakasih infonya.

  12. March 31, 2010 at 5:15 am

    Wah semoga kita terhndarkan dari penyakit ini.🙂

  13. 14 nurlaela
    May 12, 2010 at 11:03 am

    ok juga info nya mba, bener nih aku lgi kena demam itu, bahkan itu sudah menjadi endemik di kampung sayasekarang, dari orangtua sampaianak kena semua, padahal secara kebersihan juga sudah ok, kami tdk tahan kalu tdk diobati, kami sudah berobat, tinggal masih lemes aja..mohon doanya ya kawan…

  14. June 10, 2010 at 7:43 am

    tlong dong ksih penyebab n pencegahan yang lebih lengkap lagi bisa ga?
    karena saya sedang mencoba membuat aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit chikunguya.
    thanks before.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Yang Poenya Blog

My Diary on Facebook

Almanak

January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Roelly Categori’s

Yang Pada Ngoceh

ipink on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
citrA on Pek Tay atau Keputihan
muhammad fareed bin… on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
naiffyan on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
Hari on Glukoma

My Mood

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Kotak Amal

Diary of Me

Blog Stats

  • 195,718 hits

%d bloggers like this: