18
Jan
08

Biduran

Biduran (urtikaria) kerap juga disebut dengan kaligata. Biduran merupakan reaksi alergi pada kulit. Gejala vaskuler kulit itu ditandai dengan gambaran sementara dari bercak-bercak agak menonjol dan lunak. Bercak itu adalah bentol-bentol dari sebaran yang sedikit hingga meluas di permukaan tubuh.

Bentol tersebut biasanya berwarna merah atau lebih pucat daripada kulit sekitarnya. Sering pula disertai dengan gatal yang hebat. Rasa gatal itu juga sering diikuti dengan suhu yang lebih panas pada permukaan bentol-bentol itu.
Erupsi ini jarang berlangsung lebih dari dua hari. Meski begitu, biduran atau kaligata ini dapat terdapat dalam bentuk yang kronis. bila terjadi biduran berat, gejala itu disertai demam ringan, mual, dan sesak napas.

Penyebab utamanya adalah makanan. Jenis makanan yang sering mengakibatkan biduran antara lain kerang, udang, daging babi, gandum, stroberi, telur, tomat, susu, coklat, dan makanan mengandung pewarna makanan berwarna kuning atau merah (tartrazina dan amaranth). Pemicu lainnya adalah obat penisilin, salisilat, bromida, serum, vaksin, dan opium.
Infeksi dan gangguan emosional juga kerap menjadi biang terjadinya biduran. Tak hanya itu saja, sengatan serangga, dan infeksi bakteri serta parasit bisa mengakibatkan seseorang bereaksi dengan munculnya biduran.

Memang, penyebab biduran itu banyak, tapi, sampai saat ini, penyebab spesifiknya masih belum dapat diketahui. Biduran umumnya muncul dengan sangat mudah oleh kedinginan atau kelelahan. Pencegahannya dapat dilakukan bila penderita sudah mengenal jenis zat yang menyebabkannya. Cara pencegahannya yaitu dengan menghindari pemicu bidurannya.

Hiks….hiks….. kenapa aq posting about Biduran coz…. itu alergiku kambuh again😦 , Padahal sudah lama banget nih alergi gak pernah nongol² eh… pertengahan bulan desember tahun lalu mulai kambuh until now kalau cuaca nya kurang stabil, kadang panas… panas banget…. dingin… dinging banget…… panca roba yang sangat menyebalkan😦

Biduran ini alergi turunan dari Omku ke Aq n’ sekarang ke ponakanku kena juga, inget jaman dulu waktu aq masih kecil n’ masih ada si kakek, kalau aq lagi kambung alergi nya aq pasti di suruh keluar berjemur di matahari pagi (laahh…. kayak bule gitu deechh… hehehhe) trus si kakek ngambil tikar bekas langsung ngebakarin itu tikar aq disuruh duduk dekat² situ (hayah jadul bangetkan tuuhh…. itu fungsinya biar alergi biduran aq berkurang syukur² sembuh) walhasil sich yach iya…. tapi kalau sekarang disuruh gitu lagi yang ada maahh bikin sesak napas :p , sekrang obat aq cuma satu berjemur di pagi hari huaaaaaahh…… jadi orang bule sayaahh :p


7 Responses to “Biduran”


  1. 1 Mita
    January 23, 2009 at 5:13 am

    terimakasih ya infonya… sangat berguna

  2. 2 dickaker
    July 4, 2009 at 6:10 am

    ya nie,dah lma,bgt biduran gx kambuh.,prtama kena waktu smp,yg parah ya d muka,jdi malu banget,.sekarang,sejak q ting6al d jakarta,biduran q kambuh,duch apa lagi waktu kerja,jadi malu banget.,biasa y abis pulang kerja,mpe sekarang p ga tau obat ya,.MAKASIH ATAS INFO YA

  3. 3 Ester
    August 7, 2009 at 2:35 am

    huffffttt biduran emang menjengkelkan. aq jg ga tau bisa tiba2 ngalamin itu thn 2004 lalu. awalx pas aq selesai mandi pagi, mgkin krn dingin bgt mkax langsung muncul. dan sejak itu tiap pagi pasti kambuh sampai sebulanan gitu. setelah berobat lama ga muncul lagi, eh tiba2 kena lagi di taun 2006, dan lebih parah dr yg dulu. trs baru2 ini muncul lagi, terutama klw kondisi badan lgi keringatan atw basah trs cuaca dingin atau pas angin kencang.yg sekarang yg paling parah, sampe2 seluruh wajah bengkak,sesak nafas,mual,pandangan gelap sama sekali(ga bisa liat apa2),demam dan hampir hilang kesadaran. dan butuh 2-3 hri baru bengkak2 di mata,telinga,hidung,bibir kempes.
    kira2 bahaya ga ya biduran gw ini? bingung obat apa yg harus diminum.

  4. 4 esther
    October 29, 2009 at 3:08 am

    wah…. ternyata jemur matahari pagi juga efek yah… blum nyoba sih… soalnya bgt keringatan n suhunya berubah2 bs muncul tuh biduran,emang sih muncul kalo badan lg ga fit. btw thq yah buat share info nya. GBU.

  5. 5 jay
    July 9, 2010 at 1:29 pm

    boleh juga tuh ide nya berjemur d panas matahari..
    patut di coba nih,,y buat naikin suhu badan karena dingin..

    tx infonya..

  6. 6 rre
    August 13, 2010 at 1:12 pm

    makasih infony,
    ni ngbaca ngepas bgt saya lg biduran.
    di kantor berAC saya aman2 saja,pulang kantor naik motor hanya 10menit sampe rumah biduran dan sekitar 2-3jam baru sembuh. rasanya periiiih panas dan bentol2..
    thanks buat ide berjemurnya🙂 saya coba,

  7. November 13, 2010 at 8:02 pm

    Thank u ya dah shering,kasihan tuh istriku garuk2 terus, jd aku jg gk bs tidur.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Yang Poenya Blog

My Diary on Facebook

Almanak

January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Roelly Categori’s

Yang Pada Ngoceh

ipink on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
citrA on Pek Tay atau Keputihan
muhammad fareed bin… on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
naiffyan on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
Hari on Glukoma

My Mood

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Kotak Amal

Diary of Me

Blog Stats

  • 195,783 hits

%d bloggers like this: