22
Apr
09

Glukoma

“Bismillahirrohmanirohim”

(Albaqoroh :285)

Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami ta’at.” (Mereka berdo’a): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

(Al-baqoroh:286)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Minggu ini banyak banget kejadian yang harus aq hadapin, dari masalah pribadi, keluarga n’ pekerjaan semunya menumpuk jadi satu, tapi insya allah dengan sekuat tenaga aq coba untuk bisa menyelesaikan n’ menghadapinya dengan lapang dada.

Karna Aq yakin “Hasbunallah wa ni’mal wakiil, Cukuplah bagi kami Allah, dan Dia sebaik-baik penolong” ,

” Ly? ada apa toh?” , gpp kok, cuma lagi sedih banget kl liad penderitaan n’ penyakit mama ku yang tak kunjung sembuh :(, Mama…. senin kemaren dia Ulang Tahun, di hari ulang tahun nya dia dihadapkan pula dengan penyakit yang baru teridentifikasi yaitu terserang GLUKOMA , penyakit itu sangat amat riskan sekali, perlu penangannan yang sangat ekstra, hikz..

setelah mencari² artikel ttg Glukoma “innaillahi….” rasanya hati ini pun jadi luluh lantah, sangat buat hati ku hancur sama ketika aq broken heart *lho!*

Dan dampak dari banyak kejadian yang menghampiri ku, insome, gelisah, gundah, eeerrrgghh….

Tuhaaaann…. kuatkan aq, jangan biarkan ku terpuruk, tolong pegang tangan ini dengan erat, biar aq dapat bisa menghibur orang yang kusayangi biar beliau pun tak terpuruk,

Tuhan…., aq mohon dengan sangat jaga mama ku, jaga orang² yang kusayangi, beri mereka kebahagiaan dan keselamatan dunia n’ akhirat

Hanya kepada Mu lah aq mohon Pertolongan Mu

Teman aq mohon dengan sangat mohon doa nya untuk kesembuhan Mama ku…

terima kasih sebelum nya, aq tak mampu membalas kebaikan kalian semua, hanya Allah, TuhanMU, Tuhan Ku, n’ Tuhan Kita semua yang akan membalas kebaikan kalian,

Jazakillah

n’ ini artikel yang berhasil aq kumpulkan, semoga bermanfaat u/ yang membacanya

ggthumbnail

Glukoma merupakan sejenis kerusakan mata yang disebabkan tekanan cairan terlalu tinggi di  dalam bola mata dan berdampak pada kerusakan sel retina maupun serabut saraf sehingga ruang penglihatan menjadi semakin sempit dan akhirnya buta. Penyebabnya, karena sel endotel trabekular meshwork-nya telah hilang. Di Indonesia, kini penyakit glukoma merupakan penyebab kebutaan nomor tiga selain katarak dan refraksi.

Glukoma = ancaman bagi orang diabetes
Penyakit mata diabetes mengacu kepada sekumpulan permasalahan mata yang dialami oleh orang penderita diabets yang mungkin mengalami suatu komplikasi dari penyakit ini. Kesemuanya itu bisa menyebabkan kerusakan penglihatan yang sangat parah atau bahkan kebutaan.

Penyakit mata diabetes meliputi:
* Kerusakan retinopathy diabetes ke pembuluh darah di retina
* Katarak pengkeruhan di lensa mata.
* Glukoma meningkatkan tekanan cairan di dalam mata yang menyebabkan kerusakan saraf optik dan kerusakan penglihatan.
* Katarak dan glukoma juga bisa mempengaruhi orang yang tidak mengalami diabetes.

Penyakit mata diabetes apa yang paling banyak terjadi?
Retinopathy diabetes. Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan tertinggi pada orang dewasa di Amerika. Hal itu disebabkan oleh perubahan di pembulu darah retina. Pada sebagian orang yang mengalami retinopathy diabetes, pembulu darah retina mungkin melebar dan menumpahkan cairan. Sedangkan pada orang lain, pembulu darah baru mengalami kelainan dan tumbuh di permukaan retina.

Siapa yang paling mungkin mengalami retinopathy diabetes?
Setiap orang yang mengalami diabetes. Seseorang yang mengalami diabetes lebih lama, dia memiliki kemungkinan lebih besar menderita retinopathy diabetes. Hampir separuh dari semua penderita diabetes akan mengalami peningkatan retinopathy diabetes sepanjang hidupnya.

Apa gejala-gejalanya?
Biasanya retinopathy diabetes tidak terjadi pada stadium awal penyakit tersebut. Penglihatan mungkin tidak mengalami perubahan sebelum penyakit itu menjadi parah. Atau tidak ada keluhan sama sekali.

Penglihatan kabur mungkin terjadi bila macula – bagian retina yang memberikan ketajaman, penglihatan sentral – melebar dari bocoran cairan. Keadaan seperti ini disebut macular edema. Jika pembuluh darah retina baru telah tumbuh di macula permukaan retina, pembulu darah retina tersebut dapat mengalirkan darah ke mata, sehingga menutupi penglihatan. Tapi, meskipun di kasus yang lebih berat, penyakit tersebut mungkin berkembang dalam waktu lama tanpa menunjukkan gejala. Karena itulah orang penderita diabetes harus memeriksakan matanya secara rutin.

Bagaimana penyakit itu terdeteksi?
Jika anda mengidap diabetes, anda harus memeriksakan mata anda sedikitnya sekali setahun. Mata anda harus diperbesar selama pemeriksaan. Hal ini memungkinkan dokter mata lebih dapat melihat bagian dalam mata untuk memeriksa tanda-tanda penyakit tersebut.

Apakah retinopathy diabetes bisa disembuhkan?
Ya. Dokter mata anda mungkin menyarankan agar mengambil operasi laser yaitu dimana suatu sinar diarahkan ke retina untuk mempersempit pembulu abnormal. Operasi laser telah terbukti mengurangi risiko rusaknya penglihatan yang disebabkan retinopathy diabetes sekitar 60%.

Jika anda juga mengalami macular edema, operasi laser bisa pula digunakan untuk menyembuhkannya.

Namun, kerap kali operasi laser tidak dapat mengembalikan penglihatan yang seudah mengalami kerusakan. Karena itulah menemukan retinopathy diabetes sejak dini merupakan cara terbaik untuk mencegah kerusakan penglihatan.

Bagaimana penyakit mata diabetes lainnya?
Jika anda mengidap diabetes anda juga berisiko mengalami penyakit mata diabetes lainnya. Suatu studi menunjukkan bahwa anda berpeluang dua kali lebih besar mendapat katarak dibandingkan orang yang tidak mengalami penyakit tersebut. Juga, katarak berkembang pada usia dini di dalam orang yang mengidap diabetes. Katarak biasanya dapat disembuhkan dengan operasi.

Glukoma mungkin juga dapat menjadi masalah. Seseorang yang mengidap diabetes memiliki peluang dua kali lebih besar terkena glukoma dibandingkan orang lain. Dan, seperti retinopathy diabetes, lebih lama anda mengidapnya, lebih besar pula anda akan terkena glukoma. Glukoma mungkin bisa disembuhkan dengan pengobatan, laser, atau pembedahan.

Penelitian apa yang sedang dilakukan?
Telah banyak penelitan yang sedang dilakukan untuk mempelajari penyakit mata diabetes. Sebagai contoh, National Institute memberikan dukungan terhadap beberapa penelitian yang dilakukan di laboratorium dengan beberapa pasien untuk mempelajari penyebab-penyebab retinopathy diabetes dan bagaimana cara penyembuhannya yang lebih baik. Studi ini harus memberikan cara penditeksian dan pengobatan yang lebih baik terhadap penyakit mata diabetes serta mencegah kebutaan bagi para penderita diabetes.

Apa yang dapat anda lakukan untuk melindungi penglihatan?
Sebelum penyakit itu menyebabkan kerusakan penglihatan atau kebutaan, yang terbaik adalah mengontrol penyakit mata diabetes tersebut serta berupaya menyembuhkannya. Jadi, bila anda mengidap diabetes, pastikan anda melakukan pemeriksaan mata, sedikitnya sekali dalam setahun.


44 Responses to “Glukoma”


  1. April 24, 2009 at 2:40 am

    semoga sang bunda lekas diberikan kesembuhan

    —->>> Amin… Ma’ Kasih Mas :)

  2. 2 Alex
    April 24, 2009 at 2:50 am

    Yup, serahkan sama Allah, tidak ada yg mustahil bagi Allah. Jika Dia berkehendak sembuh, INsyaAllah sembuh.

    pa khabar neh mbak?

    –>> Amin… ya robbal a’lamin… jazakillah yah? Alhamdulillah baik :)

  3. April 25, 2009 at 9:56 am

    bermanfaat sekali ukhti
    titip doa, semoga bundanya cepat sembuh ya

    –> Amin… , Syukron Akhi :)

  4. April 25, 2009 at 4:32 pm

    Lama gak ke sini
    Sahabatku, ternyata kau masih tetap setia berkarya
    Semakin bagus malah

    —-> iya kang, aq jg baru aktif nge blog lagi, berapa saat Hiatus :)

  5. April 26, 2009 at 12:57 am

    ass.wr.wb.. salam sukses selalu.. semoga kita bisa saling tukar wawasan & pengalaman

    —>> waalaikum salam, :) insya allah…semangat :)

  6. April 26, 2009 at 2:17 am

    Ya moga itu menjadikan kita semua untuk mengingat Allah dan untuk Ibundanya moga di hapuskan dosa2 nya dan digantikan menjadi sehat. Amien. Sama akupun sedang sedih mendegar seniorku sedang koma di RSUD Cibinong. oya Salam silahturahim ya. Lewat Si Aa aku berkunjung ke sini. oke terima kasih ya

    —>> Amiinn… Ma’ kasih banget yaachh…atas doa nya semoga qt bisa jadi saudara seiman yang baik, btw AA mana yaach ??? :D

  7. April 26, 2009 at 12:50 pm

    moga mamanya cepet sembuh ya mba.. klo dah sembuh…. jagain mamanya ya mba… :)

    —>> Amin y robbal alamin… :), syukron …. :)

  8. April 27, 2009 at 4:45 am

    syafakillah buat mama ya mbk
    semoga cepet sehat *bighugs*
    btw, kalo mau belajar ngerajut jum’at sore kutunggu di Micky Mocko blok m plasa lt. 5 (sebelah gunung agung) jam 6 sore

    —>> Yup Ma’ Kasih…. wah jangan jumat donk males bo…muaceeett….. huehuehuhe :D

  9. 9 taufik
    April 27, 2009 at 7:31 pm

    Assalammu’alaiku, Wr, Wb

    “Sungguh Allah akan menguji hambanya agar Dia naikkan derajatnya & memasukkannya ke dalam surga”. AMin
    Tetap semangat ya, “Sungguh urusan-Nya bila Dia berkata jadi, maka jadilah”

  10. April 28, 2009 at 3:25 pm

    semoga segala yang terbaik selalu dilimpahkan Allah buat mamamu :)

  11. May 1, 2009 at 4:15 pm

    sabar ya…
    moga bundanya diberikan kesabaran dan keridoan atas cobaannya.
    moga Allah menyembuhkan penyakit bunda kamu..

    mav aq baca postingan kamu

  12. May 8, 2009 at 1:42 am

    gak perlu banyak kata.
    yang penting,
    semoga lekas sembuh

  13. May 20, 2009 at 8:39 am

    semoga keluarga diberi kekuatan yk :)
    amin …

  14. May 21, 2009 at 6:21 am

    Hai ly, I’m Back, hehehehe…. maaf telah pergi begitu lama :D

  15. May 25, 2009 at 5:05 am

    allah sangat menyayangi umatnya, ujian hanya sekedar teguran dariNya. agar kita selalu dapat mengingat akan jalaNya….

  16. May 25, 2009 at 2:02 pm

    Sesungguhnya Allah tidak akan mengujikan sesuatu yg hambaNYA tidak sanggup hadapi. Yaqin dan percaya apa yang terjadi bentuk pengukuhan kesabaran dan ikhtiar kita untuk tidak berputus asa.
    Buat mama Ly, moga cepat sembuh ya..

  17. May 27, 2009 at 10:45 am

    semoga cepet sembuh ya mbak.

  18. June 3, 2009 at 3:48 pm

    semoga lekas sembuh :)

  19. June 12, 2009 at 1:42 pm

    Seseorang enggak akan merasakan nikmatnya hidup kalo dia belum pernah merasakan penderitaannya. Dalam hidup, semua manusia enggak akan pernah lepas dari satu hal yaitu cobaan. Orangtua mengasihi anaknya dengan mengasuhnya, guru mengasihi muridnya dengan memberinya pelajaran sedangkan Allah mengasihi hambaNya dengan memberinya cobaan. Dan enggak ada senjata yang mampu mengalahkan cobaan kecuali berusaha dan tawakkal kepada Allah.

    semoga lekas sembuh :D

  20. June 22, 2009 at 5:51 am

    Jadi ingat neh
    “Ingat Lima Perkara, Sebelum Lima Perkara”
    Kayak nasyidnya Raihan.

    Mari kita memanfaatkan hidup ini dengan lebih baik. Nice post.

  21. June 27, 2009 at 2:47 pm

    Allah SWT penentu segalanya buat Makhluq, sedangkan manusia hanya bisa berikhtiar dalam perjalanan hidupnya. Setelah berikhtiar, serahkan dan pasrahkan dalam Munajat kepada Allah SWT, jalan keluar terbaiknya dari setiap persoalan.
    Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan dan keberkahan hidup kepada Ibunda.

  22. June 30, 2009 at 2:42 pm

    semoga mama kamu lekas sembuh ya..

    aq jg sbenarnya sama seperti kamu..

    ayah saya tiba tiba penglihatan matanya yang sebelah kanan tidak berfungsi lagi..
    hatiku hancur..

    kepada teman teman aku juga minta doanya ya..

  23. July 17, 2009 at 12:18 am

    Ly..ada bingkisan buat kamu di blog aku..
    tolong diambil ya..
    supaya kamu semangat update blog..
    jangan FB-an melulu..

    xi..xi..xi..

  24. July 21, 2009 at 9:06 am

    semoga diberi ketabahan dan kesembuhan…

  25. August 16, 2009 at 10:22 am

    mampir bentar ke blog sahabat, mencari sesuatu yang bisa dimakan

  26. August 19, 2009 at 6:25 pm

    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa….!!! Saya Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata-kata yang salah ataupun candaan yang menyinggung perasaan sahabatku. Semoga di bulan puasa ini kita dapat lebih mengerti akan arti Kehidupan dan Persaudaraan.

    SUCCESS ALWAYS…

    —>> Siyap Beh Sama² :)

  27. 27 qq
    January 4, 2010 at 4:21 am

    ass, sebelumnya saya ingin share, sekarang saya jg menderita sakit mata perih sekali….dampak karena apa saya juga kurang ngerti…..
    rasanya perih, menatap lama2 ta kuat, andai sedang kumat, saya sering memejamkan mata dan itu rasanya enak sekali, tapi ya sangat ta nyaman…..sungguh tidak nyaman sekali….adakah teman2 punya solusi…obat apa yg harus saya gunakan?
    thanks bgt…..

  28. 28 Ayu Nayla
    March 9, 2010 at 2:39 pm

    Ass Mbak. Aq Ayu, Mau tanya nich.. aq juga ingin mataku sembuh, dimana ya rumah sakit yang bisa dengan laser tsb. soalnya aq sudah semua Rumah sakit di jakarta kudatangi. mereka sudah menyerah..
    Trims

  29. 29 SAID
    July 16, 2010 at 8:11 am

    Iya sesama muslim slig mndoakan amin y 411
    lalu gmana dg kndisi ibu anda? sdh smbuh?dg apa y?
    alhamdulillah
    said

  30. 30 SAID
    July 16, 2010 at 8:13 am

    hi ayu!!
    ni sy said,, udah k huspital mana aja?
    AINI, JEC?
    gw jg ada indikasi ky itu hbuis dr kntrol mitra internasional melayu trs dirujuk k AINI …
    klo ada kbar slig info okeee
    slam shat n knal

  31. 31 estetika
    July 25, 2010 at 4:41 am

    Qt sama2 brdoa ya mbak…
    Nenekquw jg kna glukoma :(

  32. 32 ta
    August 2, 2010 at 11:55 am

    Ikutan sharing. saya juga penderita glukoma.Hati saya lebih hancur lagi. Belum juga tamat kuliah jurusan teknik sipil yang membutuhkan mata yang bagus untuk menggambar, menghitung membangun bangunan, dan saya seorang perempuan dan glukoma bisa disebabkan oleh keturunan ( berarti bisa menyerang keturunan saya nantinya). Gejalanya sudah dari dulu saya rasakan, berupa sakit kepala yang benar-benar sakit. Tapi sering kali saya hiraukan. Hingga pada januari 2010, sakit itu datang lagi. Mata saya sangat nyeri dan terdapat titik hitam kecil yang mengganggu penglihatan saya ditambah lagi kepala saya pusing tak tertahankan. lalu saya memeriksakan mata di Rumah Sakit mata Cicendo Bandung, saya divonis mengidap glukoma. Saya diberi obat tetes mata dan diwajibkan untuk kontrol 1 minggu sekali. Sampai akhirnya kontrol berselang 1 bulan sekali. Semoga kontrol minggu depan, saya sudah bisa lepas dari obat-obat dari dokter (udah terlalu lama pake obatnya 7 bulanan). Alhamdulillah akibat berdoa kepada Allah dan usaha untuk sembuh dengan kontrol dan memakai obat dari dokter secara teratur. Penyakit itu sudah tidak menyerang sama sekali. Tapi saya cuma pasrah, kata dokter penyakit tersebut bisa kambuh setiap saat.

    @Ayu Nayla : Di rumah sakit mata Cicendo, Bandung, operasi memakai laser kok.

  33. August 5, 2010 at 9:16 am

    Kalo boleh tahu, berapa biaya untuk operasi dirmh sakit terebut.
    mohon infonya karena anakku tercinnta yang mau masuk kuliah th ini terserang glukoma juga

    terima kasih sebelumnya

  34. 34 valeria
    February 13, 2011 at 1:31 am

    makasih ya atas infrmasinya..,
    semoga mama kmu bisa segera smbuh :)
    doain mama ku jg ya smg smbuh dr penyakit2 nya, amiin

  35. 35 mira
    April 3, 2011 at 3:55 am

    semoga mama kamu bisa sembuuh y !! aq yakin Allh pasti menyembunyikan sesuatu d’balik ini semua …. aq jga mngalami hal yg sama kyag U !!!

  36. 36 febrian
    April 30, 2011 at 8:48 am

    saya doa kan smg diberikan kesembuhan n kesehatan… amin…

  37. 37 maria cristina
    May 28, 2011 at 7:38 am

    terima kasih telah membagi info mengenai glukoma. perasaan saya sekarang sama seperti anda waktu itu. semalam saya telepon pulang rumah, ternyata nyokap di vonis ada glukoma juga. nyokap penderita diabetes.. rasanya sangat sedih klo sampe nyokap mengalami kebutaan. sebenar peluang untuk sembuh itu berapa persen ya?

  38. 38 Ardys
    October 18, 2011 at 1:01 am

    Semoga cepat sembuh, Allah tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan, yakinlah itu.

  39. May 21, 2012 at 9:27 am

    terima kasih artikelnya
    semoga mamanya lekas sembuh, amin

  40. 40 ani sujiliswati
    June 22, 2012 at 2:35 pm

    smoga ibu qt bisa cepat sembuh dari penyakit glukoma,

  41. 41 armha
    July 14, 2012 at 1:08 pm

    sabar yach, . .jujur, apa yang kmu rasakan persis dgan kisahQ, mamaku jga terkena glukoma,.namun aku lebih sulit lagi karena aku masih skolah di tempat yg jauh dari rumahku sehingga tdk bsa merawat mamaku…aku hanya bisa berdoa dan menitipkan Mamaku pada ALLAH..

  42. 42 ande
    July 24, 2012 at 9:26 pm

    Semoga cepat semboh.jangan putus asa untuk ikhtiar mencari obatnya. mohon infonya juga jika menemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit glukoma. soalnya ibu saya juga terkena glukoma. karna saya yakin setiap penyakit pasti ada obatnya

  43. 43 fatia
    September 25, 2012 at 12:30 am

    glukoma ga papa ko asal kedeteksi dari dini dan selalu rutin kontrol dokter dan ga lupa pakai tetes mata,,, :) tetap semangat ya…. aq 20 tahun kena glukoma juga :)

  44. 44 Hari
    February 22, 2013 at 11:13 am

    Hay? Salam kenal ak hari umur 23 thn! Ak jga mendrita glukuma pertama ak sedih,putus asa,campur aduk rasa hati ini? Tp ak percaya pada allah bahwa dan menyakini allah lah yang cukup jd obatku dan sabar yg menjadi penghabus penyakitku ,tp berkat penyakit ini ak udah dkat ama allah shlat tahajudpum udah 2 blm ak lakukan ak berdo’a dan berdoa ? Dan ak punya yakin BAHWA ALLAH AHLA WA JAHLA MALU APA BILA HAMBANYA MEMINTA MENGULURKAN TANGAN KE ATAS DAN BERHARAP ALLAHLAH YNG TAU PENYAKITKU! Aku berdoa tiada henti pola makanku ak ubah besar2′an tiap hari minum air putih tiap 1jam,makananku ubi,byam,wortel dan manggis!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Yang Poenya Blog

My Diary on Facebook

Almanak

April 2009
M T W T F S S
« Mar   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Roelly Categori’s

Yang Pada Ngoceh

ipink on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
citrA on Pek Tay atau Keputihan
muhammad fareed bin… on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
naiffyan on 5 Perkara Sebelum 5 Perka…
Hari on Glukoma

My Mood

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Kotak Amal

Blog Stats

  • 155,866 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: